Perkembangan dunia medis pun membawa perkembangan pada metode sunat. Dahulu, metode yang digunakan untuk melakukan sunat adalah metode klasik atau dorsumsisi. Seiring, zaman yang berubah macam sunat di Klinik Gracia Cideng pun berubah dan terus berkembang hingga saat ini yang dapat mencegah penyakit raja singa.

Dahulu sunat hanya dianggap sebagai anjuran dari sebuah agama saja. Kini, sunat tidak hanya dilihat sebagai anjuran agama, namun sebagai satu cara untuk menjaga kebersihan penis pria. Sunat yang memiliki proses dengan cara memotong kulit pada kulup ataupun membuang kulit kulup untuk dibersihkan.

Menurut para ahli medis, kulup penis merupakan tempat bersarangnya kotoran. Dimana jika kotoran tersebut tidak dibuang, maka akan menjadi sarang bakteri yang dapat menjadi penyakit kelamin. Terlebih menurut ahli sunat, sebanyak 80 % penderita HIV yang berkelamin pria adalah mereka yang tidak melakukan sunat.

Ada berapa macam khitan atau metode sunat yang cukup terkenal di Indonesia, dan juga di dunia. Mulai dari yang tradisional, hingga macam sunat modern. Kita akan membahas dari yang paling awal, hingga metode sunat yang sudah maju hingga saat ini.

Metode Klasik

Mungkin anda waktu masih kecil masih sering menemukan rekan atau anda sendiri yang melakukan sunat model klasik ini. Dimana sunat dengan model klasik merupakan metode sunat yang dilakukan dengan alat sederhana. Bahkan anda sendiri tidak di bius saat di sunat.

Alat sunat pada metode klasik adalah dengan menggunakan alat potong yang terbuat dari bambu. Alat tersebu dikenal dengan sebutan sembilu. Terbuat dari kulit bambu yang sudah diasah menjadi cukup tajam. Metode sunat sangat rentan dengan terjadinya pendarahan, dan infeksi jika tidak dilakukan secara professional.

Metode Sirkumsisi

Metode selanjutnya yang lebih maju dibandingkan pada metode klasik adalah metode sirkumsisi. Sirkumsisi merupakan metode sunat yang telah menggunakan alat-alat yang cukup modern, seperti menggunakan alat potong yang sudah dengan standar medis.

Pada metode ini, pasien yang akan disunat akan diberikan bius lokal, hingga tidak merasakan sakit saat kulup di potong, dan juga resiko infeksi serta pendarahan cukup minim. Namun metode sikumsisi hanya cocok untuk sunat anak-anak, bukan untuk sunat dewasa.

Metode Lonceng

Pada metode lonceng, merupakan salah satu metode sunat yang paling unik dan juga metode unit yang paling banyak didebatkan. Dimana pada metode ini, kepala atau kulit penis hanya diikat menyerupai lonceng. Proses tersebut dilakukan untuk mematikan pembuluh darah, akibat dari tidak adanya aliran darah menuju kulup, maka kulup akan mati dan kulup akan terlepas dengan sendirinya. Tetapi metode ini dilakukan cukup lama, sekitar dua minggu.

Metode Laser

Sunat laser merupakan metode sunat yang sudah cukup modern, dengan menggunakan alat yang bisa yang dialiri listrik. Dimana aliran listrik yang mengalir ke alat yang digunakan tersebut akan panas dan digunakan untuk membakar kulup penis. Metode ini cukup aman jika dilakukan oleh dokter sunat professional dan juga dilakukan dengan waktu yang cepat.

Dan terkadang tidak membutuhkan jahitan. Metode macam sunat laser sangat cocok untuk anak dibawah 3 tahun dan untuk sunat dewasa. Karena anatomi penis dewasa berbeda dengan anak-anak.

Metode Klamp

Macam sunat klamp menjadi salah satu metode sunat yang cukup terkenal belakangan ini. Dimana sunat klamp menggunakan alat berupa tabung yang melindungi kepala penis dari gesekan usai khitan. Metode sunat klamp membuat pasien akan dapat langsung melakukan aktivitas normal tanpa ada halangan. Metode sunat klamp pun tidak harus menggunakan jahitan pada pasiennya.