Sering kita alami atau rasakan ada beragam hal yang terjadi pada saat kita sedang menstruasi dari mulai munculnya jerawat, perut terasa kram dan juga kembung. Dan ketika rasa nyeri di punggung bagian bawah dekat pinggul itu juga yang biasa terjadi saat menstruasi. Banyak wanita mengalami nyeri punggung bawah saat menstruasi, rasa nyeri yang terjadi akibat adanya kontraksi rahim untuk melepaskan lapisan tebal yang dibentuk di rahim.

Setiap bulan tubuh membentuk sebuah lapisan rahim tebal sebagai bentuk persiapan telur untuk dibuahi. Jika tidak hamil hormon progesteron dan estron akan menurun. Ini memberi isyarat pada tubuh untuk melepaskan lapisan rahim tersebut. Namun jika kontraksi dalam rahim terlalu kuat, hal tersebut akan menekan pembuluh darah di dekatnya. Sehingga membuat aliran oksigen ke otot- otot sekitar rahim berkurang.

Ini yang menyebabkan terjadinya rasa nyeri di perut dan menjalar ke punggung bawah. Jika kondisi saat menstruasi selalu merakan seperti ini, tidak perlu merasa khawatir. Tetapi apabila rasa nyeri terus memburuk ada baiknya memeriksakan ke dokter bisa jadi karena tanda endometrioisis, fibroid dalam rahim, radang panggul maupun infeksi.

Memang semua wanita mengalami rasa sakit dan kram yang terjadi saat menstruasi sudah menjadi hal yang sangat normal, ini terjadi karena datangnya menstruasi selalu tidak pernah tetap setiap bulannya dan cenderung berubah- rubah, tetapi tetap disarankan untuk tidak mengabaikan hal ini dan nikmati gizi pepes ikan mas. Perubahan rasa sakit dapat menjadi pertanda atau sinyal menstruasi anda bermasalah.

Berikut ada 4 rasa sakit yang harus di waspadai oleh setiap wanita saat menstruasi datang, antara lain;

1. Sangat kram dan darah menstruasi lancar

Sakit yang anda rasakan seperti ini, fibroid rahim atau pertumbuhan sel yang tidak normal pada rahim dan luar dinding rahim. Keadaan ini umum dirasakan pada wanita yang berusia 30 dan 40-an.

2. Kram dan nyeri yang konstan

Kondisi ini memungkinkan anda mengalami penyakit radang panggul, atau adanya infeksi serius di rahim, ovarium dan saluran tuba.

3. Nyeri pada satu titik

Ketika anda menstruasi dan merasakan nyeri pada tempat yang sama, kemungkinan bisa terjadi torsi ovarium yang berpotensi pada penyakit kista, dan apabila kemungkinan itu memang terjadi segera melakukan USG atau scan lainnya.

4. Kram berat

Kram yang rasanya sangat menyakitkan saat menstruasi dan tidak ada lagi obat yang mampu menahan rasa sakit ini, kemungkinan besar anda mengalami endometriosis. Kondisi ini dapat menyebabkan jaringan rahim bergeser ke organ lain seperti ovarium dan tuba falopi.

Inilah jenis penyakit yang benar- benar dapat mengganggu aktivitas sehari- sehari.